Rabu, 12 Januari 2011

Ibu Pulang
Cerpen Dewi Ria Utari (Kompas, 2 Januari 2011)

KRINGG!! Itu dering telepon kedelapan. Aku tahu pasti siapa peneleponnya. Nenek.
Dia masih saja berusaha membujukku untuk pulang. Padahal jelas-jelas aku sudah mengatakan kepadanya kemarin bahwa Natal tahun ini aku tak pulang. Ya. Pulang. Rumah Nenek adalah rumah untuk pulang. Aku dibesarkan olehnya. Juga oleh ayahku. Tapi tidak oleh ibuku.
Ibu. Itulah alasan Nenek untuk menyuruhku pulang. “Sudah lima tahun kamu ndak pulang, Wid. Tahun ini kamu harus ada. Ibumu pulang,” kata Nenek kemarin lewat telepon. Aku tidak mengiyakan. Tidak pula menolak. Aku hanya meminta Nenek untuk meneleponku lagi keesokan harinya, dengan alasan aku harus meminta izin bosku untuk bisa cuti.
“Nenek akan telepon kamu besok sore ya. Jangan lupa,” tegas Nenek.
Nenek memang tipe orang yang suka mendesak. Kupikir-pikir sekarang, sifatnya itu memang aku perlukan. Jika tidak, mungkin aku akan mati. Atau akan jadi pengangguran di rumah. Atau pasrah saja jika ada orang yang melamarku. Atau jadi gila. Namun semua pilihan itu tidak terjadi padaku. Berkat Nenek. Dengan keras kepala, dia akan menyuruhku ini itu. Membangunkanku agar tak terlambat ke sekolah. Menyiapkan makanan untukku, hingga memilihkan kursus apa saja yang ketika tiba waktunya, ternyata memang berguna. Toh ketika aku sudah bisa hidup dengan kemampuanku sendiri, bahkan bisa dibilang berlebih, Nenek tak pernah sedikit pun meminta apa pun dariku. Dia hanya memintaku untuk pulang setiap Natal.
Dibanding Nenek, Ayah tak memiliki pengaruh apa pun buatku. Dia sama mati surinya denganku. Membeku. Diam. Hanya melihatku dengan matanya, tapi tidak dengan jiwanya. Dia sering hanya menghabiskan waktu di kamarnya, atau di kebun, atau di perpustakaan, atau di teras rumah. Aku sendiri tak tahu apa yang dikerjakannya. Di kemudian hari, kutemukan banyak sekali sketsa berisi sosok Ibu dan diriku di kamarnya.
Kata Nenek, Ayah menjadi pendiam seperti itu sejak kepergian Ibu. Saat aku berusia tiga tahun, Ibu pergi dari rumah tanpa pamit. Dia baru bilang keberadaannya setelah dua tahun kemudian. Sepucuk surat datang pada suatu sore. Dikirim dari Brooklyn, New York. Di surat itu, Ibu mengabarkan bahwa dia baik-baik saja dan lebih memilih tinggal di sana. Dia berjanji suatu saat akan pulang.
Janji itu ditepatinya saat ini. Ketika aku sudah berusia seperempat abad. Usia di mana aku sudah tak membutuhkannya lagi. Saat di mana aku sudah memiliki pendapat sendiri tentang konsep Ibu. Tentang perlu tidaknya memiliki seorang ibu dalam hidupku. Tentang tidak semua perempuan bisa dan harus menjadi Ibu.
Buatku, Nenek lebih dari seorang Ibu. Bahkan juga menjadi Ayah bagiku. Jadi aku merasa tak perlu untuk menemui Ibu. Tidak untuk Natal kali ini, maupun di hari yang lain. Namun Nenek begitu mendesakku untuk pulang. Lima Natal sebelumnya, aku tidak lagi pulang dan Nenek tidak berkata apa pun. Dia sudah sangat mengerti aku telah memiliki kehidupan sendiri. Justru karena aku lama tak pulang inilah, Nenek menggunakannya sebagai senjata untuk memaksaku.
“Nenek ndak masalah kamu sudah lama ndak pulang. Bahkan Nenek juga ndak pernah minta apa pun dari kamu kan? Sekarang Nenek cuma minta kamu pulang, tapi kamu masih mikir-mikir. Sudahlah. Jika kamu ndak mau pulang karena ibumu, setidaknya kamu pulang buat Nenek,” pinta Nenek dengan nada kesal. Ketimbang memelas atau mengiba, Nenek memang lebih nyaman untuk bersikap marah atau ngambek. Setahuku dia memang bukan tipe nenek-nenek tua yang lemah. Tak heran jika dia masih bisa mengurus rumah sendiri di usia hampir 80 tahun hingga dua tahun lalu, kusewa seorang pembantu untuk membantunya. Usul yang ditolaknya mentah-mentah, namun Nenek berhasil kuancam untuk tidak mengusirnya.
“Dia sudah tidak punya rumah lagi, Nek. Kalau Nenek mengusirnya, dia bisa bunuh diri,” kataku.
Sesuai dengan iman Kristianinya yang begitu kuat, Nenek sangat membenci bunuh diri. Karena itulah dia mati-matian menjagaku dan Ayah untuk tidak mengakhiri hidup dengan tangan sendiri.
Pikiran tentang mengakhiri hidup sebenarnya tak pernah terlintas di benakku. Tidak dengan Ayah. Aku tahu dia sudah tak ada keinginan hidup tanpa Ibu di sisinya. Namun setelah bertahun-tahun kemudian, aku jadi berpikir mungkin karena kesetiaannya itulah Ibu pergi meninggalkannya.
***
Akhirnya aku memutuskan untuk pulang tepat pada malam Natal. Nenek terlihat kesal karena aku melewatkan misa malam Natal di gereja. Aku memang sengaja karena aku tidak berminat bertemu dengan orang-orang yang mungkin masih mengenalku jika aku misa bersama Nenek di gereja kota kecil ini. “Padahal tadi aku bertemu dengan teman-teman misdinarmu dulu, lho. Mereka sudah berkeluarga dan punya anak,” kata Nenek sambil menata piring di meja untuk makan malam. Aku hanya mengangguk malas.
Sejak aku tiba di rumah Nenek, aku memilih diam. Apalagi ketika bertemu Ibu. Begitu aku memasuki rumah, Nenek langsung menarikku ke ruang makan dan memperkenalkan seorang perempuan yang sedang duduk di kursi makan. Begitu melihatku, dia segera berdiri.
“Wid, apa kabar?” ujarnya sambil mengulurkan tangannya, mengajakku bersalaman. Kedua telapak tangan kami berjabatan. Seperti sepasang asing yang baru akan memperkenalkan diri.
“Baik. Bagaimana perjalanan Ibu?” tanyaku sambil menarik kursi di dekatnya.
Dan mengalirlah pembicaraan di antara kami bertiga: aku, Ibu, dan Nenek.
Ibu seorang perempuan yang tenang. Cara bicaranya teratur. Senyumnya tipis dan seperlunya. Rambutnya panjang sebahu dengan sebagian uban di beberapa tempat. Tubuhnya kurus. Namun terlihat kuat dan kokoh. Meski kerut di beberapa bagian di wajahnya jelas terlihat, Ibu terlihat masih memperlihatkan sisa-sisa kecantikannya di masa lalu. Bentuk wajahnya oval dengan alis yang tebal dan hidung yang mancung. Sorot matanya tajam namun teduh.
Pembicaraan kami lebih banyak tentang kehidupan Ibu di sana yang bekerja di sebuah galeri seni. Kemudian tentang penerbangan yang melelahkan dan rasa kangennya akan masakan Indonesia. Di Brooklyn, Ibu jarang masak. Tapi dia tahu tempat-tempat di New York yang menjual bumbu-bumbu Indonesia. Perbincangan kami terhenti karena Nenek sudah mengantuk. Kami pun berpisah dan menuju kamar masing-masing. Malam itu, Ibu tidur di kamar Ayah.
Tengah malam aku terbangun. Entah mimpi apa yang membangunkanku, aku sudah lupa. Yang jelas aku terbangun dengan perasaan hampa. Kuputuskan keluar kamar untuk mengambil air minum. Tenggorokanku terasa kering. Di dapur, aku melihat setitik cahaya di teras taman belakang. Aku bergegas ke sana dan melihat Ibu tengah duduk sambil mengisap rokok.
“Selamat Natal, Wid,” ujar Ibu sambil menawarkan rokok kepadaku.
Aku menggeleng. “Selamat Natal juga, Bu.”
“Tak bisa tidur atau terbangun?” tanyanya.
“Terbangun.”
Agak lama keheningan menguasai kami berdua. Akhirnya Ibu yang pertama mengeluarkan suara saat rokoknya habis.
“Bagaimana suamiku meninggal saat itu?”
“Ayah meninggal saat tidur. Aku dan Nenek tak mengetahuinya sampai pagi, ketika Nenek hendak membangunkan dia.”
“Begitu ya. Tahukah kamu dari dulu dia menginginkan kematian seperti itu. Kematian yang mengendap-endap. Bak pencuri. Tak meninggalkan tanda apa pun. Tak merepotkan siapa pun,” kata Ibu sambil memandang kegelapan.
“Kenapa Ibu tak pulang waktu Ayah meninggal?”
“Aku tak cukup kuat melihatnya tak bisa lagi bergerak, tersenyum, atau sekadar menggodaku dengan cubitan di pipiku. Tahukah kamu, dia dulu sangat suka duduk di sini. Sambil melukis atau membersihkan rumput. Sementara aku melihatnya dari balik jendela dapur. Begitu kamu lahir, dia tak lagi melukis. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan mengajakmu bermain di sini. Kamu didudukkan di rumput, dan kemudian dia akan merangkai berbagai macam bunga untuk dijadikan mahkota di kepalamu,” kata Ibu.
“Sepertinya indah dan menyenangkan. Lantas kenapa Ibu pergi?” akhirnya aku berhasil mempertanyakan hal yang dari dulu membuatku geram.
“Aku belum siap memiliki kamu. Sementara dia menginginkanmu begitu kami menikah. Ketika akhirnya aku hamil, dia semakin membuatku sesak dengan perhatian dan cintanya yang begitu sempurna. Membuatku merasa bersalah dari waktu ke waktu karena aku tak pernah bisa mencintainya sebesar itu. Saat kamu lahir, aku tahu dia akan bisa mencintaimu sebesar dia mencintaiku. Kujadikan dirimu sebagai penggantiku.”
“Ayah tak pernah bisa menjadikan siapa pun sebagai pengganti Ibu. Termasuk diriku.” “Aku tahu. Perpisahan yang sia-sia,” ujar Ibu sambil beranjak dari duduknya. “Aku sudah mengantuk, Wid. Aku tidur dulu ya,” pamit Ibu.
Aku mengangguk dan memutuskan tetap duduk sambil menunggu fajar. Dalam kegelapan, aku membayangkan kehidupanku jika Ibu tak pernah pergi. Mungkin Ayah tetap hidup dan setiap tahun aku akan pulang untuk merayakan Natal. Kemudian kami semua akan berkumpul di dekat pohon natal sambil saling bertukar kado. Atau seperti di film-film Hollywood, aku, Ibu, dan Nenek akan memasak hidangan natal bersama. Mungkin juga akan muncul pertengkaran layaknya sebuah keluarga, ketika aku memperkenalkan calon suami saat Natal tiba dan orangtuaku tidak menyetujuinya. Bahkan bukan tidak mungkin aku sudah memberikan cucu untuk Ayah dan Ibu.
Dua hari setelah Natal, Ibu pulang. Aku tetap tinggal di rumah Nenek sampai Tahun Baru. Setelah kepergiannya, aku akhirnya menyadari bahwa Ibu pergi karena tidak pernah memaafkan dirinya sendiri. Kesimpulan ini kudapatkan dari cerita Nenek dan hadiah Natal dari Ibu. Sewaktu kubuka, hadiah itu berisi album foto yang memasang foto-fotoku sewaktu kecil. Aku belum pernah melihat foto-foto itu.
Sembari melihat isi album foto itu, Nenek akhirnya bercerita bahwa Ayah begitu menginginkan anak dalam pernikahannya dengan Ibu. Aku lahir lima tahun kemudian. Namun kehadiranku tak bisa menghalangi kepergian Ibu. Bagi Ayah, aku adalah hadiah dalam hidupnya. Sementara bagi Ibu, kehadiranku adalah memorabilia ketidaksetiaannya. Kini aku menyadari mengapa wajahku tidak sama dengan Ayah maupun Ibu. Di halaman terakhir album foto itu, kulihat diriku sewaktu kecil berada di sebuah taman. Aku dipangku Ibu yang sedang duduk bersama seorang lelaki dengan sorot mata dan senyum yang sama denganku. (*)
Jakarta, Desember 2010


Analisis Cerpen Ibu Pulang Dari Media Cetak Kompas tanggal 2 Januari 2011 oleh Dewi Ria Utari.

A. Dari Segi Struktur
Analisis dari segi struktur cerpen “Ibu Pulang” meliputi tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.
1. Tema
Dalam cerpen “Ibu Pulang” ini mengandung tema Kesetiaan dalam sebuah keluarga. Sebuah keluarga yang terpisah karena sebuah cinta yang begitu dalam. Cinta yang diberikan suami kepada istri hingga membuat istri terus merasa bersalah atas keadaan ini.
2. Penokohan
Dalam cerpen “Ibu Pulang” ini terdapat empat tokoh yaitu Aku, Nenek, Ibu, dan Ayah.
Tokoh Aku dalam cerpen tersebut menggambarkan sebuah sifat yang merasa dirinya tidak membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya terutama ibunya karena Ibu meninggalkannya ketika ia kecil dan Ibu datang ketika Ia sudah tidak membutuhkannya lagi. Menurut Ia nenek sudah menggantikan Ibu sekaligus Ayah untuk dirinya.
Tokoh Nenek dalam cerpen tersebut menggambarkan sifat yang sangat bertanggungjawab dan berjiwa besar. Nenek sanggup merawat cucunya dengan penuh kasih sayang dan sangat mengerti keadaan cucunya. Nenek juga orang yang disiplin dan tegas sehingga cucunya bisa meraih masa depan yang cemerlang.
Tokoh Ibu dalam cerpen tersebut menggambarkan sebuah Ibu yang menikah dengan seorang laki-laki namun Ia mengandung anak dari laki-laki lain yang bukan suaminya. Dia merasa bersalah sehingga Ia harus pergi meninggalkan keluraganya begitu saja
Tokoh Ayah dalam cerpen tersebut berperan menjadi orang yang sangat mencintai istrinya dengan apa adanya bagaimanapu keadaannya. Sungguh laki-laki yang baik karena cintanya tulus untuk istrinya. Namun ia harus menjalani hidup dengan hampa tanpa istrinya.
3. Alur cerita
Dalam cerpen “Ibu Pulang” ini menggunakan alur mundur. Cerita ini dimulai dari seorang nenek yang meminta cucunya pulang pada malam natal karena nenek ingin sang cucu bertemu dengan Ibunya yang telah lama pergi dan baru natal ini bisa menemui anaknya yaitu yang menjadi sosok “Aku” dalam cerpen tersebut.
Permasalahan mulai terjadi ketika “Aku” tidak ingin pulang karena ia harus bertemu Ibunya yang telah meninggalkan dirinya dan Ayahnya hingga Ayah meninggal. “Aku” merasa tidak mempunyai Ibu dan tidak ingin bertemu dengan Ibunya, namun karena Nenek yang meminta maka “Aku” mau pulang saat natal.
Saat Ibunya tengah duduk sendirian maka “Aku” menanyakan suatu hal yang membuatnya geram selama ini yaitu kenapa Ibunya pergi meninggalkan “Aku” dan Ayah. Ibu menceritakan semuanya kepada “Aku”, semua itu Ibu lakukan karena Ibu tidak mau melahirkan anak dari laki-laki yang bukan suaminya sedangkan kebesaran hati suaminya itu yang menginginkan “Aku” lahir. Ibu merasa sudah menyakitinya oleh karena itu Ibu pergi dari Ayah dan meinggalkanku.
4. Latar Cerita
Dalam cerpen “Ibu Pulang” ini menggunakan latar tempat dan waktu.
a. Latar Tempat
1) Di dalam rumah Nenek
Disini diceritakan Ibu sedang duduk di teras taman belakang.
2) Di sebuah kontrakan tempat “Aku” tinggal.
Disini diceritakan bahwa Aku meminta Nenek untuk menelponnya besok pagi karena Aku ingin minta cuti dulu dari tempat kerja.
3) Di Brooklyn New York
Dalam cerpen tersebuat dijelaskan pada kalimat “Di Brooklyn, Ibu jarang masak. Tapi dia tahu tempat-tempat di New York yang menjual bumbu-bumbu Indonesia”.
b. Latar Waktu
1) Malam hari
Dalam cerpen tersebut dijelaskan pada kalimat “Malam itu, Ibu tidur di kamar Ayah. Tengah malam aku terbangun.” Selain itu juga cerita ini pada malam natal.



5. Sudut Pandang Pengarang
Dalam cerpen tersebut pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama. Pengarang menceritakan kehidupan dirinya sendiri dalam tulisannya dengan konflik yang terjadi pada keluarganya.
6. Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan dalam cerpen tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca mudah untuk memahami isi ceritanya. Selain itu cerpen ini juga menggunakan istilah – istilah yang menunjukan ciri khas yang ditunjukan pada kata “ndak” dan “ninik mamak”. Gaya bahasa yang digunakan baik dan menarik.
7. Amanat
Dalam cerpen tersebut terdapat berbagai pesan atau amanat yang disampaikan melalui tokoh – tokohnya.
a. Pesan yang tersirat untuk orang tua melalui cerpen tersebut yaitu sebagai orang tua janganlah lari dari tanggung jawab yang musti mengurus anaknya kala anaknya masih kecil meskipun anak itu tidak kita harapkan kdatangannya. Anak merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga dan dirawat penuh kasih sayang.
b. Pesan yang tersirat dari tokoh Wid yang diperankan oleh “Aku” yaitu sebagai anak haruslah berbakti kepada kedua orang tuanya, apalagi seorang Ibu. Surga ditelapak kaki Ibu, begitulah kata pepatah. Janganlah berburuk sangka dahulu sebelum tahu latar belakangnya.
c. Pesan yang tersirat dari tokoh Nenek dalam cerpen diatas yaitu sudah sangat baik karena keteguhan hatinya dalam menuntun cucu dan anaknya ke masa depan yang lebih baik.
B. Dari segi Makna
1. Kesimpulan
Dalam cerpen “Ibu Pulang” tersebut telah diceritakan bahwa seorang Nenek yang ingin sekali cucunya pulang karena Ibu ingin bertemu dengannya. Ibu yang telah lama meninggalkannya kala ia masih kecil. Ibu meninggalkan Aku dan Ayah ke Brooklyn New York hanya dikarenakan Ibu tidak ingin Aku lahir sedangkan Ayah sangat menginginkannya. Ibu tidak menginginkanku karena Aku ada bukan dengan Ayah.
Permasalahan ada pada sang Ibu. Kebaikan Ayah terhadap Ibu membuat Ibu tidak tahan dan meninggalkannya. Ibu tidak sanggup melihat Ayah yang begitu menyayanginya. Padahal Ayah tak bisa tanpa Ibu hingga Ayah meninggalpun Ibu tidak kunjung pulang. Ayah meninggal dalam keadaan tidur tanpa merepotkan orang lain dan itu memang keinginannnya.
Setelah merayakan Natal bersama, Nenek memberikan kotak yang berisi foto-foto masa kecilku yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Disitu terlihat Aku dipangku oleh dua orang yaitu Ibu dan Ayahku.
2. Saran
Dalam cerpen “Ibu Pulang” ini pengarang sebaiknya penjelasan pada konflik lebih di tingakatkan lagi supaya bisa lebih kelihatan gregetnya dengan bahasa yang lebih menarik pula. Niscaya pembaca akan lebih suka dan tertarik dengan cerpen ini.
Dengan membaca cerpen “Ibu Pulang” diharapkan dapat memberikan manfaat dan pembaca dapat mengambil hikmah dan manfaatnya. Sebagai orang tua sebaiknya menerima apapun yang diberikan Tuhan sebagai karunia yang terindah. Menjaga anak dengan ketulusan dan kasih sayang karena Anak adalah titipan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar